Tuesday, 27 October 2015

Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli

loading...


Apa itu motivasi ? kita tentunya sudah sering kali mendengar kata motivasi. Pada kesempatan ini akan dijelaskan pengertian motivasi menurut para ahli.

Motivasi mempersoalkan bagaimana cara mendorong gairah kerja bawahan, agar mereka mau bekerja keras dengan memberikan semua kemampuan dan keterampilan untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Motif sering kali disamakan dengan dorongan. Doronga atau tenaga tersebut merupakan gerak jiwa dan jasmani untuk berbuat, sehingga motif tersebut merupakan suatu driving force yang menggerakkan manusia untuk bertingkah laku dan perbuatan itu mempunyai tujuan tertentu.
 
Menurut Jones (1997), motivasi mempunyai kaitan dengan suatu proses yang membangun dan memelihara perilaku ke aras suatu tujuan.
 
Hasibuan (1999) mengemukakan bahwa motif adalah suatu perangsang keinginan dan daya penggerak kemauan bekerja seseorang karena setiap motif mempunyai tujuan tertentu yang ingin dicapai.
 
Siagian (1995) mengatakan bahwa motif adalah keadaan kejiwaan yang mendorong, mengaktifkan, atau menggerakkan dan motif itulah yang mengarahkan dan menyalurkan perilaku, sikap, dan tindak-tanduk seseorang yang selalu dikaitkan dengan pencapaian tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan masing-masing anggota organisasi.
 
Wexley dan Yukl memberikan batasan mengenai motivasi sebagai the process by which behavior is energized and directed. Pengertian motivasi seperti yang dikemukakan oleh Wexley dan Yukl (1997) adalah pemberian atau penimbunan motif atau dapat pula diartikan sebagai hal atau keadaan menjadi motif.
 
Jadi, pengertian motivasi adalah sesuatu yang menimbulkan semangat atau dorongan kerja. Definisi motovasi adalah pemberian daya penggerak yangmenciptakan kegairahan kerja seseorang, agar mereka mau bekerja sama, bekerja efektif, dan terintegrasi dengan segala daya upayanya untuk mencapai kepuasan.
 
Pengertian motivasi menurut Robbins, motivasi sebagai suatu kerelaan berusaha seoptimal mungkin dalam pencapaian tujuan organisasi yang dipengaruhi oleh kemampuan usaha memuaskan beberapa kebutuhan individu.
 
pengertian motivasi menurut para ahli
Dari berbagai definisi motivasi menurut para ahli di atas, menurut Edy Sutrisno (2009), motivasi memiliki komponen, yakni komponen dalam dan komponen luar. Komponen dalam ialah perubahan dalam diri seseorang, keadaan merasa tidak puas, ketegangan psikologis. Komponen luar ialah apa yang diinginkan seseorang, tujuan yang menjadi arah tingkah lakunya.
 
Demikianlah pengertian motivasi menurut para ahli. Semoga dengan definisi motivasi menurut ppara ahli di atas kita dapat memahami apa itu motivasi dengan lebih baik lagi.
>

loading...
Pengertian Motivasi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment