Pengertian Kepuasan Kerja

loading...
<

Terdapat berbagai macam pengertian kepuasan kerja. Pengertian kepuasan kerja yang pertama memandang kepuasan kerja sebagai suatu reaksi emosional yang kompleks. Reaksi emosional ini merupakan akibat dari dorongan, keinginan, tuntutan, dan harapan-harapan karyawan terhadap pekerjaan yang dihubungkan dengan realitas-realitas yang dirasakan karyawan, sehingga menimbulkan suatu bentuk reaksi emosional yang berwujud perasaan senang, perasaan puas, ataupun perasaan tidak puas.

Pengertian kepuasan kerja
yang kedua menyatakan kepuasan kerja adalah suatu sikap karyawan terhadap pekerjaan yang berhubungan dengan situasi kerja, kerja sama antar karyawan, imbalan yang diterima dalam kerja, dan hal-hal lain yang menyangkut faktor fisik dan psikologis. Sikap terhadap pekerjaan ini merupakan hasil dari sejumlah sikap khusus individu terhadap faktor-faktor dalam pekerjaan, penyesuaian diri individu, dan hubungan sosial individu di luar pekerjaan sehingga menimbulkan sikap umum individu terhapa pekerjaan yang dihadapinya.
 
Menurut Handoko (1992), kepuasan kerja adalah keadaan emosional yang menyenangkan atau tidak menyenangkan bagi para karyawan memandang pekerjaan mereka. Kepuasan kerja mencerminkan perasaan seseorang terhadap pekerjaannya. Ini tampak dalam sikap positif karyaawan terhadap pekerjaan dan segala sesuatu yang dihadapi di lingkungan kerjanya.
 
Pada hakikatnya, kepuasan kerja merupakan perasaan senang atau tidak senang pekerja dalam menjalankan pekerjaannya. Apabila seseorang senang terhadap pekerjaannya, maka seseorang itu puas terhadap pekerjaannya.
 
Pada dasarnya, kepuasan kerja adalah hal yang bersifat individu. Setiap individu memiliki tingkat kepuasan yang berbeda-beda sesuai dengan sistem nilai-nilai yang berlaku pada dirinya. Ini disebabkan karena adanya perbedaan pada masing-masing individu. Semakin banyak aspek-aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu tersebut, maka semakin tinggi tingkat kepuasan kerja yang dirasakannya, sebaliknya semakin sedikit aspek-aspek dalam pekerjaan yang sesuai dengan keinginan individu, maka semakin rendah tingkat kepuasan yang dirasakannya.
pengertian kepuasan kerja

 
Belum ada keseragaman mengenai definisi kepuasan kerja. Meskipun demikian, tidak ada perbedaan yang signifikan mengenai pengertian kepuasan kerja. Menurut Yulk dan Wexley (1997), pengertian kepuasan kerja adalah perasaan seseorang terhadap pekerjaan.
 
Tiffin (1958) mengemukakan bahwa kepuasan kerja berhubungan dengan sikap dari karyawan terhadap pekerjaannya sendiri, situasi kerja, kerja sama antara pimpinan dengan sesama karyawan.
 
Demikianlah pengertian mengenai kepuasan kerja, semoga tulisan ini bermanfaat.

0 Response to "Pengertian Kepuasan Kerja"

Post a Comment