Thursday, 1 October 2015

Pengertian Globalisasi dan Ciri-Ciri Globalisasi

loading...


Pengertian Globalisasi


Pada kesempatan ini akan dibahas mengenai apa pengertian globalisasi sehingga kita mampu menjawab pertanyaan “jelaskan pengertian globalisasi”.

Untuk mengetahui pengertian globalisasi, maka terlebih dahulu kita harus tahu asal kata globalisasi. Pengertian globalisasi berdasarkan asal katanya, maka kita dapat mengetahui bahwa globalisasi berasal dari kata globe ( bola dunia ) atau global ( universal ), yaitu proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antarmanusia, antarmasyarakat, maupun antarbangsa di seluruh dunia.
Kata “globalisasi” mengacu pada sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia di seluruh dunia melalui perjalanan, komunikasi, perdagangan, investasi, dan bentuk interaksi lain. Selain itu, globalisasi diartikan sebagai proses yang mendunia, yaitu suatu proses perubahan keadaan hidup yang dimotivasi oleh kesadaran hidup dalam satu bumi atau dunia.

Perasingan di tingkat dunia pada era global sangatlah ketat sehingga dibutuhkan kualitas sumber daya manusia yang handal sebagai faktor penentu kemandirian dan kepercayaan diri suatu bangsa. Ditinjau dari segi sosiologis-antropologis, globalisasi mengakibatkan batas antarnegara dan antarbangasa seakan-akan menghilang, sehingga bangsa-bangsa di dunia menyatu dalam kesatuan hidup berdasarkan prinsip universal. Hal ini menggambarkan dunia tanpa batas teritorial/wilayah (borderless world).

Dengan demikian, globalisasi menjadikan seluruh bangsa dan negara di dunia semakin terikat satu dengan yang lain serta mewujudkan suatu tatanan kehidupan baru dengan meniadakan batas-batas geografis, ekonomi, sosial, dan budaya masyarakat. Selain itu, globalisasi mengubah dunia menjadi satu kesatuan yang terwujud dalam bentuk keterkaitan antarbangsa dan antarmanusia melalui berbagai macam kontak seperti perdagangan, komunikasi, investasi, perjalanan, budaya, dan sebagainya.

Dalam beberapa hal, istilah globalisasi mempunyai karakteristik yang sama  dengan istilah internasionalisasi, sehingga kedua istilah ini sering dipertukarkan. Sebagai contoh, istilah globalisasi sering dikaitkan dengan berkurangnya peran negara atau batas-batas negara.


pengertian globalisasi dan ciri ciri globalisasi
sumber gambar : pixabay.com

Ciri - Ciri Globalisasi


 Berdasarkan pengertian globalisasi, maka kita dapat menarik kesimpulan mengenai ciri-ciri globalisasi yaitu sebagai berikut :

1.       Keterbukaan

Keterbukaan merupakan salah satu ciri umum globalisasi. Di era global, perubahan di segala bidang dapat terjadi begitu cepat dan melingkupi wilayah yang sangat luas, termasuk juga perubahan sosial budaya. Keadaan demikian memungkinkan masuknya berbagai pengaruh dalam masyarakat atau bangsa seiring dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Oleh karena itu, negara maju memiliki peranan yang cukup besar dalam penyebaran informasi dan mempengaruhi negara-negara berkembang maupun negara terbelakang. Oleh karena itu dibutuhkan penyeleksi (filter) yang dapat menyaring setiap pengaruh yang masuk agar tidak mempengaruhi kepribadian bangsa atau negara.

2.       Persaingan dan ketergantungan dalam perdagangan dunia

Derasnya arus informasi dan komunikasi di era global seperti sekarang ini memperketat daya saing. Masyarakat atau bangsa yang tidak memiliki keunggulan aan tersisih dan rela menjadi penonton atau objek yang selalu menjadi sasaran para pelaku perubahan pada situasi global. Pasar produksi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO). Adanya persaingan dan ketergantungan pada perdagangan dunia ini merupakan salah satu dari ciri-ciri globalisasi.

3.       Perubahan ruang dan waktu

Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi sedemikian cepatnya, sementara melalui pergerakan masa semacam turisme memungkinkan kita merasakan banyak hal, yaitu berbagai budaya yang berbeda.

Globalisasi memberikan kemudahan bagi kita manusia untuk melakukan perjalanan ke seluruh dunia ( travel and tourism ). Akibat majunya transportasi perdagangan dunia, kini manusia dapat memperoleh berbagai jenis barang komoditas yang dierdagangkan antar-lintas negara dengan mudah. Selain itu, manusia juga bisa dengan cepat dapat memperoleh dan menyampaikan informasi melalui media komunikasi global.

4.       Interaksi kultural melalui media massa

Bentuk peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media masa antara lain terjadi melalui media televisi, film, musik, transmisi berita, dan olahraga internasional. Saat ini, kita dapat mengkonsumsi dan mengalami gagasan dan pengalaman baru mengenai hal-hal yang melintasi beraneka ragam budaya, misalnya dalam bidang mode , literatur, dan makanan.

5.       Permasalahan bersama

Globalisasi mengakibatkan peningkatan masalah bersama misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional, dan lain-lain.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian globalisasi dan ciri-ciri globalisasi. Globalisasi merupakan hal yang mutlak terjadi dalam kehidupan sosial manusia. Semoga bermanfaat.
>

loading...
Pengertian Globalisasi dan Ciri-Ciri Globalisasi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment