Pengertian Ekonomi, Perusahaan dan Bisnis


Pengertian ekonomi

Sebelum mempelajari ilmu ekonomi, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian ekonomi. Ilmu ekonomi atau yang sering disingkat dengan ekonomi adalah terjemahan dari kata economics yang berasal dari bahasa Inggris. berikut ini adalah beberapa pengertian ekonomi yang perlu untuk kita ketahui.

Pengertian ekonomi menurut Webster’s Dictionary: Economics, the science that treats of the production and management of public wealth, distribution of goods, satisfaction of human needs, political economy.
Pengertian ekonomi menurut pakar ekonomi :

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari usaha-usaha manusia untuk memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas, dengan alat pemuas kebutuhan yang terbatas.

Ekonomi adalah ilmu yang mempelajari perilaku manusia dalam memilih dan menciptakan kemakmuran.
Inti permasalahan ekonomi adalah adanya ketidakseimbangan antara kebutuhan manusia yang tidak terbatas dan alat pemuas kebutuhan manusia yang jumlahnya terbatas.

Ilmu ekonomi dapat dibagi menjadi 2 kelompok, yaitu ekonomi makro dan ekonomi mikro. Perbedaan ekonomi makro dan ekonomi mikro adalah :

Ekonomi makro membahas ekonomi secara keseluruhan (agregatif), seperti ekonomi umum dan ekonomi negara/pemerintahan. Topik pembahasannya meliputi Produksi Nasional, Pendapatan Nasional, Perdagangan Internasional, Masalah Tenaga Kerja, Inflasi, Devaluasi, dan sebagainya.

Ekonomi mikro membahas ekonomi secara fungsional, seperti ekonomi perusahaan dan ekonomi rumah tangga. Topik pembahasannya meliputi fungsi organisasi, produksi, pemasaran, keuangan, pembelian, pengendalian, personalia atau sumber daya manusia dan fungsi sosial dalam suatu perusahaan.


pengertian ekonomi, perusahaan dan bisnis
sumber gambar : totalserve.biz


Pengertian perusahaan


Pengertian Perusahaan menurut Webster’s Dictionary, perusahaan adalah bussiness establishment of commercial house, yaitu lembaga bisnis atau badan komersial. Sementara itu, banyak pakar ekonomi, baik dari luar negeri maupun dari Indonesia sendiri yang mengajukan pendapat mengenai pengertian perusahaan. Berikut ini adalah beberapa pengertian perusahaan menurut para ahli.

Pengertian perusahaan menurut J.C. Rietveldt, perusahaan atau badan usaha adalah suatu organisasi perusahaan yang ditujukan untuk memperoleh pendapatan atau penghasilan.

Definisi perusahaan menurut Basu Swastha D.H. dan Ibu Sukotjo W, perusahaan adalah suatu organisasi produksi yang menggunakan dan mengkoordinasikan sumber-sumber ekonomi untuk memuaskan kebutuhan dengan cara yang menguntungkan.

Menurut Murti Sumarni dan John Soeprihanto, perusahaan adalah suatu unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk meperoleh keuntungan dan agar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Apabila antara ilmu ekonomi dan perusahaan dihubungkan, maka ilmu ekonomi perusahaan mempunyai pengertian sebagai berikut :

Ilmu ekonomi perusahaan adalah ilmu yang mempelajari gejala-gejala ekonomi di dalam perusahaan atau bagian dari ilmu ekonomi mikro yang mempelajari gejala-gejala perusahaan.


Pengertian bisnis


Pengertian bisnis menurut Skinner (1992), bisnis adalah pertukaran barang, jasa, atau uang yang saling menguntungkan atau memberi manfaat. Pada dasarnya, bisnis memiliki makna sebagai “ the buying and selling of goods and service”. Sedangkan perusahaan bisnis adalah suatu organisasi yang terlibat dalam pertukaran barang, jasa, atau uang untuk menghasilkan keuntungan.

Definisi bisnis menurut Raymond E. Glos et al (1976), bisnis adalah jumlah keseluruhan kegiatan yang diorganisasikan oleh orang-orang yang berkecimpung dalam bidang perniagaan dan industri, menyediakan barang dan jasa untuk kebutuhan mempertahankan dan memperbaiki standar serta kualitas hidup mereka.

Secara sederhana, bisnis adalah semua kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih yang terorganisasi dalam mencari laba melalui penyediaan produk yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kegiatan bisnis meliputi semua aspek kegiatan untuk menyalurkan barang dan jasa melalui saluran produktif, dari membeli bahan baku (bahan mentah) sampai dengan penjualan barang jadi.

Pada pokoknya, kegiatan bisnis memiliki cakupan yaitu perdagangan, pengangkutan, penyimpanan, pembelanjaan, dan pemberian informasi.

Demikinlah penjelasan mengenai pengertian ekonomi, pengertian bisnis, dan pengertian perusahaan. Semoga bermanfaat.

Sumber :
Dr. Francis Tantri,2011. Pengantar Bisnis. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

0 Response to "Pengertian Ekonomi, Perusahaan dan Bisnis"

Post a Comment