Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli


Kita tentunya seringkali medengar mengenai kata disiplin. Tahukah kita apa arti kata disiplin ? berikut ini adalah beberapa pengertian disiplin menurut para ahli :

Menurut Singodimedjo (2002), pengertian disiplin adalah sikap kesediaan dan kerelaan seseorang untuk mematuhi danmenaati norma-norma peraturan yang berlaku di sekitarnya. Disiplin karyawan yang baik akan memercepat tujuan perusahaan, sedangkan disiplin yang merosot akan menjadi penghalang dan memeperlambat pencapaian tujuan perusahaan.
 
Disiplin sangat dibutuhkan baik oleh individu maupun oleh suatu organisasi. Contoh, jika seorang pesuruh di kantor terlambat datang, akibatnya seluruh ruangan kantor tersebut terkunci, sehingga kegiatan kantor tersebut menjadi terganggu, karena tidak ada pegawai yang dapat melakukan aktivitasnya, sehingga mengganggu proses operasi di hari itu. 

Disiplin menunjukkan suatu kondisi atau sikap hormat yang adapada diri karyawan terhadap peraturan dan ketetapan perusahaan. Dengan demikian, bila peraturan atau ketetapan yang ada dalam perusahaan itu diabaikan, atau sering dilanggar, maka karyawan mempunyai disiplin kerja yang buruk. Sebaliknya, bila karyawan tunduk pada ketetapan perusahaan, menggambarkan adanya kondisi disiplin yang baik. Dalam arti yang lebih sempit dan lebih banyak dipakai, disiplin berarti tindakan yang diambil dengan penyeliaan untuk mengoreksi perilaku dan sikap yang salah pada karyawan.
 
Bentuk disiplin yang baik akan tercermin pada suasana, yaitu :
1.    Tingginya rasa kepedulian karyawan terhadap pencapaian tujuan perusahaan.
2.    Tingginya semangat dan gairah kerja dan inisiatif para karyawan dalam melakukan pekerjaan.
3.    Besarnya rasa tanggung jawab para karyawan untuk melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.
4.    Berkembangnya rasa memiliki dan rasa solidaritas yang tinggi di kalangan karyawan.
5.    Meningkatnya efisiensi dan produktivitas kerja para karyawan.
 
Pengertian disiplin menurut Terry, disiplin merupakan alat penggerak karyawan. Agar tiap pekerjaan dapat berjalan dengan lancar, maka harus diusahakan agar ada disiplin yang baik. Terry kurang setuju jika disiplin hanya dihubungkan dengan hal-hal yang kurang menyenangkan (hukuman), karena sebenarnya hukuman merupakan alat paling akhir untuk menegakkan disiplin.

pengertian disiplin menurut para ahli

 
Latainer mengartikan disiplin sebagai suatu keadaan yang berkembang di dalam tubuh karyawan dan menyebabkan karyawan dapat menyesuaikan diri dengan suka rela pada keputusan, peraturan, dan nilai-nilai tinggi dari pekerjaan dan perilaku. Dalam arti sepit biasanya dihubungkan dengan hukuman. Padahal sebenarnya menghukum seorang karyawan hanya merupakan sebagian dari persoalan disiplin. Hal demikian jarang terjadi dan hanya dilakukan bilamana usaha-usaha pendekatan secara konstruktif mengalami kegagalan.
 
Pengertian disiplin bagi Beach ada dua. Arti yang pertama melibatkan belajar atau mencetak perilaku dengan menerapkan imbalan atau hukuman. Arti kedua lebih sempit lagi, yaitu disiplin ini hanya bertalian dengan tindakan hukuman terhadap perilaku kesalahan.
 
Dari beberapa pengertian disiplin menurut para ahli di atas, maka dapat kita definisikan pengertian disiplin yang baru. Disiplin adalah sikap hormat terhadap peraturan dan ketetapan perusahaan, yang ada di dalam diri karyawan, yang menyebabkan ia dapat menyesuaikan diri dengan sukarela pada peraturan dan ketetapa perusahaan.

0 Response to "Pengertian Disiplin Menurut Para Ahli"

Post a Comment