Wednesday, 7 October 2015

Pengertian dan Bentuk Perilaku Menyimpang

loading...

Pengertian Perilaku Menyimpang Menurut Para Ahli

Perilaku menyimpang adalah perilaku yang tidak sesuai dengan norma atau nilai yang dianut oleh masyarakat. Perilaku menyimpang disebut nonkonformitas sedangkan yang tidak menyimpang disebut konformitas.

Berbicara tentang perilaku meyimpang, kita akan sedikit menemukan bentrokan pendapat. Pada suatu daerah mungkin saja hal yang dilakuakan bukanlah sebuah perilaku menyimpang sednagkan di tempat lain menganggap perbuatan itu termasuk ke dalam penyimpangan.
 
Di Indonesia misalnya, kita tidak menganut paham sex bebas sedangkan di negara-negara barat sex bukanlah hal yang dianggap menyimpang.
Oleh karena itu, sangat penting bagi kita untuk mengetahui batasan dari definisi perilaku menyimpang etrsebut. Untuk itu, berikut ini adalah pengertian perilaku menyimpang menurut para ahli:

Pengertian perilaku menyimpang menurut Van de Zanden adalah perilaku yang oleh sejumlah orang dianggap sebagai hal yang tercela atau di luar toleransi.
 
Pengertian perilaku menyimpang menurut Chester L. Hunt adalah perlaku yang dinyatakan sebagai suatu pelanggaran terhadap norma atau kelompok masyarakat.
 
Becker memberikan pengertian perilaku menyimpang adalah apabila perbuatan itu dinyatakan menyimpang, sehingga penyimpangan bukanlah kualitas dari suatu tindakan melainkan konsekuensi atau akibat dari adanya peraturan dan sanksi-sanksi yang ditetapkan oleh masyarakat.

pengertian perilaku menyimpang

Bentuk-Bentuk Perilaku Menyimpang

Berikut ini adalah pembagian bentuk-bentuk perilaku menyimpang:
  1. Penyimpangan primer, yaitu penyimpangan yang bersifat temporer atau sementara yang hanya menguasai sebagian kecil kehidupan seseorang.
  2. Penyimpangan sekunder, yaitu perbuatan yang dilakukan secara khas dengan memperlihatkan perilaku menyimpang dan perbuatan dari pelaku menyimpang telah menjadi gaya hidupnya sehari-hari.
  3. Penyimpangan individual adalah penyimpangan yang dilakukan oleh seseorang yang telah mengabaikan dan menolak norma yang berlaku dalam kehidupan masyarakatnya
  4. Penyimpangan kelompok, yaitu penyimpangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang tunduk pada norma kelompok yang bertentangan pada norma yang berlaku.
  5. Penyimpangan situasional yaitu penyimpangan yang dilakukan karena keadaan atau situasi di luar individu sehingga memaksa individu melakukan perbuatan menyimpang.
  6. Penyimpangan sistemik, adalaha penyimpangan yang disertai organisasi khusus, status formal, peranan, dan nilai norma yang semuanya berbeda dengan situasi umum. Segala perbuatan yang meyimpang tersebut dibenarkan oleh semua anggota.
baca juga :
>

loading...
Pengertian dan Bentuk Perilaku Menyimpang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment