Pengertian Budaya dan Kebudayaan Menurut Ahli

loading...
<

Budaya adalah bentuk jamak dari kata budi dan daya yang berarti cinta, karsa, dan rasa. Kata budaya berasal dari bahasa Sansekerta yaitu budhayah yang merupakan bentuk jamak dari kata buddhi yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa Inggris, kata budaya berasal dari kata culture dalam bahasa Belanda diistilahkan dengan kata cultuur, dalam bahasa Latin berasal dari kata colera. Colera berarti mengolah, mengerjakan, menyuburkan, mengembangkan tanah ( bertani ).

Kemudian pengertian ini berkembang dalam arti culture, yaitu sebagai segala daya dan aktivitas manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Berikut ini adalah beberapa pengertian budaya atau kebudayaan menurut para ahli :

Pengertian Budaya menurut E.B. Taylor adalah suatu keseluruhan kompleks yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, keilmuan, hukum, adat istiadat, dan kemampuan lain serta kebiasaan yang didapat oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

Menurut R. Linton, kebudayaan dapat dipandang sebagai konfigurasi tingkah laku yang dipelajarid an hasil tingkah laku yang dipelajari, dimana unsur pembentukannya didukung dan diteruskan oleh anggota masyarakat lainnya.

Pengertian Kebudayaan menurut Koentjaningrat adalah keseluruhan sistem gagasan, milik diri manusia dengan belajar.

Pengertian kebudayaan menurut Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi adalah semua hasil karya, rasa, dan cipta manusia.

Definisi kebudayaan menurut Herkovits adalah bagian dari lingkungan hidup yang diciptakan oleh manusia.

Dengan demikian, kebudayaan atau budaya menyangkut keseluruhan aspek kehidupan manusia baik yang bersifat material maupun nonmaterial. Sebagian besar ahli mengartikan kebudayaan seperti ini kemungkinan besar sangat dipengaruhi oleh pandangan evolusionisme, yaitu suatu teori yang mengatakan bahwa kebudayaan itu akan berkembang dari tahapan yang sederhana menuju tahapan yangblebih kompleks.

0 Response to "Pengertian Budaya dan Kebudayaan Menurut Ahli"

Post a Comment