Pengertian Akuntansi Manjemen

loading...

Berdasarkan pihak yang menggunakan informasi atau dapat disebut pengertian akuntansi manajemen yang sifatnya positif berdasarkan  buku Akuntansi Manajemen I (Supriyono,1987):

Akuntansi manajemen
adalah salah satu bidang akuntansi yang tujuan utamanya adalah untuk menyajikan laporan-laporan suatu usaha atau organisasi tertentu untuk kepentingan pihak internal dalam rangka melaksanakan proses manajemen yang meliputi perencanaan, pembuatan keputusan, pengorganisasian dan pengarahan serta pengendalian.

Selanjutnya, jika melihat hasil pelaporan yang diperlukan manajemen yang tidak hanya laporan masa lalu tetapi juga meliputi proyeksi masa depan, maka definisi akuntansi manajemen adalah :

Akuntansi manajemen adalah penerapan teknik-teknik dan konsep yang tepat dalam pengolahan data ekonomi historikal dan yang diproyeksikan dari suatu satuan usaha untuk membantu manajemen dalam  penyusunan rencana dengan tujuan-tujuan ekonomi yang rasional dengan suatu pandangan ke arah pencapaian tujuan tersebut.
pengertian akuntansi manajemen
sumber gambar : minariadotme.wordpress.com

Mengenai definisi akuntansi manajemen yang kedua di atas, maka ada beberapa hal yang perlu dicatat, yaitu :

·         perlu pemahaman teknik-teknik, katakanlah model-model seperti konsep perilaku biaya, hubungan cost-volume dan profit, atau model-model matematis yang relevan.

·         Pemahaman yang cukup terhadap metode akuntansi atau financial accounting, paling tidak bagaimana metode pencatatan data akuntansi atau metode harga pokok yang dilakukan terhadap historikal perusahaan.

·         Proyeksi-proyeksi yang dilakukan berkaitan erat dengan teori statistik

·         Keputusan-keputusan yang diambil harus rasional yang berkaitan dengan pencapaian tujuan suatu organisasi, seperti diketahui organisasi yang sama dapat saja hasilnya berbeda, pencatatan biaya yang berbeda dan tujuan yang berbeda pula.

Disamping itu, akuntansi manajemen yang dianggap suatu sidang akuntansi yang luas yang berkaitan dengan pengembangan dan penggunaan informasi akuntansi (Ralph Estes :1986) jelas pula keterkaitan disiplin akuntansi.

Definisi umum yang boleh dikatakan rangkuman dari pembahasan pengertian akuntansi di atas adalah :

Akuntansi manajemen adalah bagian dari akuntansi yang berhubungan dengan identifikasi, pengkuran dan komunikasi informasi akuntansi kepada internal manajemen yang bertujuan guna prencanaan , proses informasi, pengendalian operasi, dan pengambilan keputusan.

Demikianlah penjelasan mengenai pengertian akuntansi manajemen. Semoga bermanfaat.



Sumber :

Kamarudin Ahmad,1996. Akuntansi Manajemen. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
loading...

0 Response to "Pengertian Akuntansi Manjemen"

Post a Comment