Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi

loading...

Motivasi merupakan proses psikologis yang terjadi di dalam diri manusia yang tentunya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor yang mempengaruhi motivasi itu terdiri dari faktor internal yaitu faktor yang mempengaruhi motivasi yang berasal dari dalam diri seseorang dan faktor eksternal, yaitu faktor yang mempegaruhi motivasi yang berasal dari luar diri seseorang.
 

Faktor internal yang mempengaruhi motivasi

 

Faktor internal yang mempengaruhi motivasi pada seseorang antara lain adalah :
 
1.    Keinginan untuk dapat hidup

Keinginan untuk dapat hidup merupakan kebutuhan setiap manusia yang hidup di muka bumi. Untuk mempertahankan hidup ini orang mau mengerjakan apa saja, apakah pekerjaan itu baik atau jelek, halal atau haram, dan sebagainya.

2.    Keinginan untuk dapat memiliki

Keinginan untuk dapat memiliki benda mendorong seseorang untuk mau melakukan pekerjaan. hal ini banyak kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, bahwa keinginan yang keras untuk dapat memiliki itu dapat mendorong seseorang untuk mau bekerja.

3.    Keinginan untuk memperoleh penghargaan

Seseorang mau bekerja disebabkan adanya keinginan untuk diakui dan dihormati oleh orang lain. Untuk memperoleh status sosial yang lebih tinggi, orang mau mengeluarkan uangnya, untuk memperoleh uang itupun ia harus bekerja keras.

4.    Keinginan untuk memperoleh pengakuan

Bila kita perinci, maka keinginan untuk memperoleh pengakuan itu dapat meliputi hal-hal adanya penghargaan terhadap prestasi, adanya hubungan kerja yang harmonis dan kompak, pimpinan yang adil dan bijaksana, serta perusahaan tempat bekerja dihargai oleh masyarakat.

5.    Keinginan untuk berkuasa
 
Keinginan untuk berkuasa mendorong seseorang untuk bekerja. Kadang-kadang keinginan untuk berkuasa ini juga dipenuhi dengan cara-cara tidak terpuji, namun cara-cara yang dilakukan itu masih termasuk bekerja juga.
 

Faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi


faktor yang mempengaruhi motivasi
Faktor eksternal juga memegang peranan penting dalam meningkatkan dan menurunkan motivasi kerja seseorang. Yang termasuk dalam faktor ekternal yang mempengaruhi motivasi adalah :
 
1.    Kondisi lingkungan kerja
 
Lingkungan kerja adalah keseluruhan sarana dan prasarana kerja yang  ada di sekitar karyawan yang sedang melakukan pekerjaan yang dapat mempengaruhi pelaksanaan pekerjaan. lingkungan kerja ini meliputi tempat bekerja, fasilitas dan alat bantu pekerjaan, kebersihan, pencahayaan, ketenangan, termasuk juga hubungan kerja yang ada antara orang-orang di tempat kerja tersebut.
 
2.    Kompensasi yang memadai
 
Kompensasi merupakan sumber penghasilan utama bagi para karyawan untuk menghidupi diri beserta keluarganya. Kompensasi yang memadai merupakan alat motivasi yang paling ampuh bagi perusahaan untuk mendorong para karyawan bekerja dengan baik.
 
3.    Supervisi yang baik
 
Fungsi supervisi dalam suatu pekerjaan adalah memberikan penagrahan, membimbing kerja para karyawan, agar dapat melaksanakan kerja dengan baik tanpa membuat kesalahan. Dengan demikian, posisi supervisi sangat dekat dengan para karyawan, dan selalu menghadapi para karyawan dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
 
4.    Adanya jaminan pekerjaan
 
Setiap orang akan mau bekerja mati-matian mengorbankan apa yang ada pada dirinya untuk perusahaan, kalau yang bersangkutan merasa ada jaminan karier yang jelas dalam melakukan pekerjaan.
 
5.    Status dan tanggung jawab
 
Status atau kedudukan dalam jabatan tertentu merupakan dambaan setiap karyawan dalam bekerja. Mereka bukan hanya mengharapka kompensasi semata, tetapi pada suatu masa mereka juga berharap akan dapat kesempatan menduduki jabatan dalam suatu perusahaan.
 
6.    Peraturan yang fleksibel
 
Bagi perusahaan besar, biasnya sudah ditetapkan sistem dan prosedur kerja yang harus dipatuhi seluruh karyawan. Sistem dan prosedur kerja ini dapat kita sebut dengan peraturan yang berlaku dan bersifat melindungi dan mengatur para karyawan.
 
Demikianlah penjelasan mengenai faktor yang mempengaruhi motivasi kerja seseorang, baik faktor internal yang mempengaruhi motivasi maupun faktor eksternal yang mempengaruhi motivasi. Semoga bermanfaat.
loading...

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Motivasi"

Post a Comment