Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja


Banyak faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja karyawan. Faktor-faktor itu sendiri dalam peranannya memberikan kepuasan kepada karyawan bergantung pada pribadi masing-masing karyawan. Faktor-faktor yang memberikan kepuasan menurut Blum adalah :
  1. Faktor individual, meliputi umur, kesehatan, watak dan harapan.
  2. Faktor sosial, meliputi hubungan kekeluargaan, pandangan pekerja, kebebasan berpolitik, dan hubungan kemasyarakatan.
  3. Faktor utama dalam pekerjaan, meliputi upah, pengawasan, ketentraman kerja, kondisi kerja, dan kesempatan untuk maju. Selain itu juga penghargaan terhadap kecakapan, hubungan sosial adalam pekerjaan, ketepatan dalam menyelesaikan konflik antarmanusia, perasaan diperlakukan adil baik menyangkut pribadi maupun tugas.
Menurut Gilmer (1996), faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja adalah :
  1. Kesempatan untuk maju, dalam hal ini adalah kesempatan untuk memperoleh pengalaman dan peningkatan kemampuan selama kerja.
  2. Keamanan kerja
  3. Gaji
  4. Perusahaan dan manajemen
  5. Pengawasan
  6. Faktor instrinsik dari pekerjaan
  7. Kondisi kerja
  8. Aspek sosial dalam pekerjaan
  9. Komunikasi
  10. Fasilitas
Penelitian yang dilakukan oleh Caugemi dan Claypool (1978), mengemukakan bahwa hal-hal yang menyebabkan rasa puas adalah prestasi, penghargaan, kenaikan jabatan, dan pujian.
 
Adapun faktor yang mempengaruhi ketidakpuasan kerja adalah kebijakan perusahaan, supervisor, kondisi kerja dan gaji.

Pendapat lain dikemukakan oleh Brown dan Ghiselli (1950),  bahwa ada lima faktor yang menimbulkan kepuasan kerja, yaitu :
 

1.    Kedudukan
 
Umumnya manusia beranggapan bahwa seseorang yang bekerja pada pekerjaan yang lebih tinggi akan merasa lebih puas dari pada mereka yang bekerja pada pekerjaan yang lebih rendah. Pada beberapa penelitian menunjukkan bahwa hal tersebut tidak selalu benar, tetapi justru perubahan dalam tingkat pekerjaanlah yang mempengaruhi kepuasan kerja.
 
2.    Pangkat
 
Pada pekerjaan yang mendasarkan perbedaan tingkat atau golongan, sehingga pekerjaan tersebut memberikan kedudukan tertentu pada orang yang melakukannya. Apabila ada kenaikan upah, maka sedikit banyaknya akan dianggap sebagai kenaikan pangkat, dan kebanggaan terhadap kedudukan yang baru itu akan mengubah perilaku perasaannya.
 
3.    Jaminan finansial dan sosial
 
Finansial dan jaminan sosial kebanyakan berpengaruh terhadap kepuasan kerja.
 
4.    Mutu pengawasan
 
Hubungan antara karyawan dengan pihak pimpinan sangat penting artinya dalam meningkatkan produktivitas kerja. Kepuasan dapat ditingkatkan melalui perhatian dan hubungan yang baik dari pimpinan kepada bawahan, sehingga karyawan akan merasa bahwa dirinya merupakan bagian penting dari organisasi kerja.
 
faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja
Dari berbagai pendapat di atas, dapat disimpulkan bahwa faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja yaitu :
  1. Faktor psikologis, merupakan faktor yang berhubungan dengan kejiwaragaan karyawan, yang meliputi minat, ketentraman, dalam kerja, sikap terhadap kerja, bakat dan keterampilan.
  2. Faktor sosial merupakan faktor yang berhubungan dengan interaksi sosial antarkaryawan maupun karyawan dengan atasan.
  3. Faktor fisik, merupakan faktor yang berhubungan dengan kondisi fisik karyawan, meliputi jenis pekerjaan, pengaturan waktu dan waktu istirahat, perlengkapan kerja, keadaan ruangan, suhu, penerangan, pertukaran udara, kondisi kesehatan karyawan, umur dan sebagainya.
  4. Faktor finansial, merupakan faktor yang berhubungan dengan jaminan serta kesejahteraan karyawan, yang meliputi sistem dan besarnya gaji, jaminan sosial, macam-macam tunjangan, fasilitas yang diberikan, promosi dan sebagainya.
Demikianlah faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja"

Post a Comment