Definisi Pemasaran

loading...
<

Masih banyak dari kita yang masih salah dalam menafsirkan definisi pemasaran. Kita sering kali mendengar istilah seperti penjualan, pembelian, transaksi, dan perdagangan. Tetapi, apakah istilah yang dimaksud dengan pemasaran ?

Timbulnya penafsiran yang tidak tepat disebabkan oleh masih banyak diantara kita yang belum mengetahui pengertian pemasaran yang tepat.
 
Apabila masyarakat berbicara mengenai pemasaran, maka umumnya yang dimaksud dengan pemasaran adalah permintaan atau pembelian dan harga. Sedangkan apabila seorang tenaga penjualan atau manejer penjualan berbicara mengenai pemasaran, sebenarnya yang dibicarakan adalah penjualan.Bagi seorang manejer toko serba ada, pemasaran diartikan sebagai kegiatan pengeceran (retailing) atau penjajakan (merchandising).
 
Dari penjelasan di atas, kita bisa melihat bahwa istilah pemasaran yang dibicarakan sebenarnya penafsirannya terbatas hanya pada satu bagian dari kegiatan pemasaran yang menyeluruh.
 
Penafsiran pemasaran yang sempit juga terlihat pada definisi pemasaran dari American Marketing Association 1960, yang menyatakan pemasaran adalah hasil prestasi kerja kegiatan usaha yang  berkaita dengan mengalirnya barang dan jasa dari produsen sampai ke konsumen.
 
Disamping itu, terdapat juga penafsiran pemasaran yang lebih luas yang menyatakan bahwa pemsaran adalah proses kegiatan yang mulai jaus sebelum barang-barang atau bahan-bahan masuk ke dalam proses produksi. Dalam hal ini, banyak keputusan pemsaran yang harus dibuat jauh sebelum produk itu dihasilkan, seperti keputusan mengenai produk yang dibuat, pasarnya, harga dan promosinya.
 
Pandangan yang sempit dalam pengertian pemasaran menyebabkan banyak pengusaha atau dunia usaha masih berorientasi pada produksi atau berpikir dari segi produksi. Mereka menekankan pada produk apa yang dapat dihasilkan, bukan pada apa yang bisa dipasarkan.
 
Definisi pemasaran dalam arti sempit oleh pengusaha sering kali diartikan sebagai pendistribusian, termasuk kegiatan yang dibutuhkan untuk menempatkan produk yang berwujud pada tangan konsumen rumah tangga dan pemakai industri.
 
Pengertian pemasaran yang dikemukakan American Marketing Asociation hampir sama dengan kegiatan distribusi sehingga gagal menunjukkan asas-asas pemasaran, terutama dalam hal menentukan barang atau jasa apa yang dihasilkan. Hal ini disebabkan karena pengertian pemasaran di atas tidak menunjukkan kegiatan usaha yang khusus terdapat dalam pemasaran.
 
Pengertian lain menyatakan pemasaran sebagai usaha untuk menyediakan dan menyampaikan barang dan jasa yang tepat kepada orang-orang yang tepat dengan promosi dan komunikasi yang tepat.  Pengertian atau definisi pemasaran ini memberikan suatu gagasan kegiatan tertentu yang dilakukan oleh tenaga pemasaran. Akan tetapi, pengertian ini ternyata gagal menentukan kegiatan pemasaran secara luas, yang mencakup tidak hanya barang dan jasa yang terbatas.

definisi pemasaran

 
Oleh karena itu, terdapat definisi lain yang lebih luas tentang pemasaran, yaitu sebagai usaha untuk menciptakan atau menyerahkan suatu standar kehidupan. Pengertian ini berbeda dengan pengertian sebelumnya, karena penekanannya pada pandangan makro atau sosial dari pemasaran. Oleh karena itu pengertian ini tidak memberikan dasar yang jelas dan kurang universalnya pemasaran.
 
Definisi pemasaran yang terakhir dalam tulisan ini menyatakan bahwa pemsaran sebagai kegiatan manusia yang diarahkan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhan melalui proses pertukaran.
 
Demikianlah sedikit penjelasan mengenai pengertian pemasaran. Semoga kita bisa mengetahui definisi pemasaran dengan lebih baik sehingga tidak terjadi salah penafsiran mengenai pemasaran.

0 Response to "Definisi Pemasaran"

Post a Comment