Wilayah Persebaran Negara Maju Dan Contoh Negara Maju




Negara maju adalah negara yang tingkat pertumbuhan ekonominya sangat cepat sehingga masyarakatnya pada umunya telah mencapai kesejahteraan hidup yang merata. Negara maju adalah negara yang sektor indsutri dan jasanya sudah mengalami perkembangan yang sangat pesat dan dijadikan sebagai sumber utama pendapatan negara tersebut.

Negara-negara maju di dunia sebagian besar terletak di belahan bumi utara yang meliputi benua Eropa, Benua Amerika, dan Benua Asia. Negara-negara yang terletak di benua Eropa pada umumnya adalah negara maju, seperti Perancis, Inggris, Belanda, Jerman, Spanyol, Swedia, Inggris, Denmark, Finlandia, Belgia, Swiss, Norwegia, dan lain-lain. Sedangkan di benua Asia negara maju terletak di wilayah Asia bagian Timur meliputi Jepang dan Korea serta negara Asia Tenggara satu-satunya yang termasuk kategori negara maju yaitu Singapura. Sedangkan negara maju di benua Amerika adalah Amerika Serikat dan Kanada. Di wilayah Oceania, Australia dan Selandia Baru adalah dua negara terbesar dan merupakan negara maju.
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai negara maju, maka berikut ini akan disajikan data mengenai negara maju. Yang menjadi contoh negara maju pada tulisan ini adalah Amerika Serikat.


Amerika Serikat Sebagai Contoh Negara Maju di Benua Amerika


Contoh negara maju di Amerika
sumber gambar : themusehotel.com

Kondisi Fisik, Alam, dan Penduduk Amerika Serikat Secara Umum


Amerika Serikat adalah salah satu contoh negara maju di dunia yang terletak pada wilayah Amerika bagian Utara dengan luas wilayah sebesar kurang lebih 9,8 juta km persegi dan merupakan negara terbesar keempat di dunia. Amerika merdeka dari Inggris pada tanggal 4 Juli 1776 di Philadelphia. Amerika serikat merupakan contoh negara berbentuk Federal yang terdiri atas 50 negara bagian dengan Hawai dan Alaska sebagai negara bagian termuda.

Amerika serikat dikenal sebagai negara multirasial, karena dihuni hampir oleh seluruh ras yang ada di dunia. Dengan sistem politik yang demokratis, Amerika Serikat selalu terdepan dalam mewujudkan hak asasi manusia. Meskipun demikian, masih ada juga tindakan rasial yang biasa terjadi.

Secara astronomis, Amerika Serikat terletak di antara 24°33’LU-70°23’LU dan antara 172°BT-66°BB. Di wilayah utara berbatasan dengan Kanada, di wilayah timur berbatasan dengan Samudera Atalantik, di sebelah Selatan berbatasan dengan Meksiko dan di sebelah Barat berbatasab dengan Samudera Pasifik.
Kondisi fisik Amerika serikat bagian barat terdapat banyak pegunungan seperti Pegunungan Sierra Nevada, Pegunungan Rocky, dan pegunungan Cascade. Di wilayah sebelah barat Amerika serikat ini terletak daratan yang lebih luas, yaitu Lembah Mississippi.

Kondisi Alam wilayah Amerika bagian Tengah terdapat dataran rendah yang lebih luas dan memiliki danau-danau besar seperti Danau Eire, Danau Superior, Danau Michigan, Danau Huron, dan Danau Ontario.

Wilayah timur Amerika serikat terdapat dataran tinggi dan terbentang dataran Pantai Atalantik yang dibatasi oleh pegunungan Appalache di sebelah baratnya.

Penduduk Amerika Serikat pada tahun 2015 berjumlah 422 juta jiwa dengan kepadatan penduduk sebanayak 331 jiwa per km persegi. Jumlah penduduk Amerika serikat adalah yang terbanyak ke tiga di dunia setelah Cina dan India. Pertumbuhan penduduk di Amerika adalah 0,6% per tahun dengan angka usia harapan hidup sampai 77 tahun.

Penduduk Amerika serikat sebagian besar terdiri dari imigran yang berasal dari Perancis, Inggris, Swedia, Spanyol, Belanda, dan Swedia. Untuk membatasi imigran yang datang, maka Amerika Serikat memiiliki undang-undang keimigrasian dan undang-undang kependudukan. Agama Kristen Protestan dan Katolik Roma adalah agama yang paling banyak dianut oleh warga Amerika. Bahasa Inggris adalah bahasa pengantar sehari-hari di Amerika Serikat.


Kondisi Perekonomian Amerika Serikat



Pendapatan perkapita Amerika Serikat yang sangat tinggi adalah karena didukung oleh kemajuan sektor usaha seperti pertanias, peternakan, perikanan, pertambangan, perindustrian, dan perdagangan.
Sekitar 47% tanah di Amerika dimanfaatkan untuk lahan pertanian dengan jenis-jenis komoditasnya antara lain sebagai berikut :

  • Tembakau di wilayah Tennesse, Georgia, Kentucky, dan Virginia
  • Tebu, di muasa sungai Mississippi

  • Gandum, di wilayah wheat belt, yaitu Kansa dan Montana, Dakota Utara, Minessota, dan Dakota Selatan.
  • Jagung, di wilayah corn belt, yaitu Ohio, Missouri, Indiana, Minessotta, dan Iowa.

  • Kapas, di wilayah cotton belt yaitu Texas, Alabama, Georgia, dan Lousiana.

  • Padi di California dan Georgia.

  • Sayur dan buah-buahan di sepanjang Pantai Atalantik

Jenis-jenis ternak yang diusahakan di Amerika antara lain adalah biri-biri, sapi, babi, kambing, unggas, dan kuda. Adajun hasil ternak yang dapat dimanfaatkan berupa daging, susu, dan wol.

Pada sektor perikanan, banyak diusahakan secara besar-besaran di Samudera Pasifik dan Samudera Atalantik. Jenis ikan yang dihasilkan adalah ikan salmon, tuna, sarden, dan haring.

Sebagai salah satu contoh negara maju, Amerika serikat mempunyai deposit mineral cukup strategis, terutama untuk kebutuhan bahan baku industri. Jenis-jenis barang tambang yang dihasilkan di Amerika Serikat antara lain adalah sebagai berikut :

  • Batu bara di lereng sebelah barat Pegunungan Alleghany yang membentang dan Pensylvania sampai ke Alabama.
  • Bijih besi di dekat danan Superior, yaitu sepanjang Pegunungan Mesabi

  • Minyak bumi di Ohio, Texas Utara, California, Pensylvania, dan Oklahoma.

  • Timah di bukit Black

  • Tembaga di Arizona dan Montana.

  • Bauksit di Arkansas.

  • Emas di Nevada dan Colorado

Sebagai contoh negara maju, kegiatan Industri Amerika serikat tentu saja tergolong sangat maju jika dibandingkan dengan negara-negara berkembang. Hal ini karena Amerika Serikat didukung oleh kesesuaian iklim, kekayaan hasil tambang, pengaruh perdagangan bebas, kemajuan teknologi, dan kestabilan pemerintahan. Jenis-jenis industri di Amerika Serikat antara lain adalah :

  •  Industri baja di Pittsburgh, Chicago, Buffalo, Birmingham dan Cleveland
  • Industri tekstil di zona kaki pegunungan California dan Georgia.
  • Industri tembaga di Montana dan Anaconda.
  • Industri kilang mkinyak di Oklahoma dan Texas.

  • Industri mesin pertanian di Waterivo.

  • Industri pesawat terbang dan peralatan militer di Seatle.

  • Industri wol di pensylvania dan Massachusetts.

  • Industri sutera di New Jersey dan South Carolina.

  • Industri Perfileman di Holywood, California.

Komoditi ekspor negara Amerika Serikat antara lain adalah mobil, pesawat terbang, peralatan persenjataan, mesin-mesin, alat elektronika, minuman kaleng, bahan kimia, dan lain-lain. Adapun komoditi impor Amerika adalah minyak bumi, pakaian jadi, kayu, karet, kopi dan gula.

0 Response to "Wilayah Persebaran Negara Maju Dan Contoh Negara Maju"

Post a Comment