Pengertian Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya

loading...
pengertian perubahan sosial budaya dan bentuk perubahan sosial budaya
sumber gambar : muchad.com

Pengertian Perubahan Sosial Budaya


Manusia adalah makhluk yang memiliki dinamika sosial sehingga selama manusia hidup dan berkembang di dalam masyarakat, maka pasti akan mengalami perubahan-perubahan, baik itu berupa perubahan sosial maupun perubahan budaya. Berikut ini adalah beberapa definisi perubahan sosial budaya yang dikemukakan oleh para sarjana sosiologi dan antropologi.
 
Pengertian perubahan sosial budaya menurut ahli, John Lewis Gilin dan John Philips Gilin adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang diterima, yang disebabkan oleh perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideologi, serta karena adanya difusi dan penemuan baru dalam masyarakat.
 
Menurut Samuel Koening, perubahan sosial budaya menunjuk pada modifikasi yang terjadi dalam pola kehidupan manusia, modifikasi-modifikasi tersebut terjadi karena faktor eksternal dan faktor internal.
Pengertian perubahan sosial budaya menurut Selo Soemardjan adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan, di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap-sikap, dan pola-pola perilakunya  di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.

Definisi perubahan sosial budaya menurut Kingsley Davis adalah sebagai perubahan yang terjadi di dalam struktur masyarakat.

Menurut Mac Iver, Perubahan sosial budaya adalah perubahan-perubahn dalam hubungan sosial atau perubahan terhadap keseimbangan sosial tersebut.

William F. Ogburn menyatakan  bahwa perubahan sosial budaya mencakup unsur-unsur kebudayaan, baik material maupun nonmaterial.
 
Berdasarkan pengertian perubahan sosial budaya menurut para ahli tersebut, kita dapat menarik kesimpulan bahwa perubahan sosial budaya adalah perubahan yang terjadi pada unsur-unsur sosial budaya dalam kehidupan masyarakat. Adapun perubahan-perubahan sosial budaya itu mencakup hal-hal sebagai berikut :
  • Perubahan cara hidup sebagai akibat dari perubahan kondisi geografis, komposisi penduduk, ideologi, dan timbulnya penemuan baru.
  • Perubahan struktur dan sistem yang ada pada masyarakat. Perubahan struktur mencakup jalinan yang terjadi dalam masyarakat, sedangkan perubahan sistem menunjuk pada  bagaimana perubahan sosial itu terjadi.
  • Segala perubahan pada lembaga kemasyarakatan dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk di dalamnya nilai-nilai, sikap, dan pola perilaku.

Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya


Bentuk perubahan sosial budaya yang terjadi di dalam masyarakat adalah sebagai berikut :

 

Perubahan yang terjadi secara lambat dan perubahan yang terjadi secara cepat


Perubahan sosial budaya secara lambat disebut dengan perubahan sosial budaya secara evolusi. Ciri-ciri evolusi antara lain perubahannya seakan-akan tidak terjadi, perubahannya lambat, dan tidak menimbulkan disintegrasi kehidupan. Contohnya adalah perubahan sosial budaya yang terjadi pada masyarakat tradisional.
Perubahan sosial budaya secara cepat sering disebut sebagai revolusi, yaitu secara cepat menyangkut hal-hal mendasar dan sering menimbulkan disintegrasi dalam kehidupan sosial, politik, dan ekonomi. Contoh perubahan sosial budaya secara cepat adalah Revolusi Perancis yang mengubah sistem Perancis dari Monarki menjadi Republik.
 
Faktor-faktor yang mendukung terjadinya perubahan sosial budaya sebersar revolusi adalah :
  1. Harus ada keinginan umum dari masyarakat untuk melakukan suatu perubahan
  2. Adanya pemimpin atau kelompok orang yang dianggap mampu memimpin masyarakat
  3. Pemimpin tersebut dapat menampung keinginan-keinginan tersebut, kemudian merumuskan dan adanya rasa  tidak puas.
  4. Pemimpin harus dapat menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat.
  5. Harus ada momentum yang tepat untuk berlangsungnya suatu revolusi, sebab jika waktunya tidak tepat maka revolusi akan gagal

 

Perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar dan pengaruhnya kecil


Perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil adalah perubahan sosial budaya yang tidak menyangkut berbagai aspek-aspek kehidupan dan perubahan itu tidak membawa perubahan pada struktur sosial. Contoh perubahan sosial budaya yang pengaruhnya kecil adalah perubahan mode telepon genggam.
 
Perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar adaalh perubahan sosial budaya yang dapat membawa perubahan dalam berbagai aspek kehidupan dan membawa perubahan pada struktut sosial. Contoh perubahan sosial budaya yang pengaruhnya besar adalah proses industrialisasi akan membawa pengaruh yang besar pada berbagai lembaga kemasyarakatan.
 

Perubahan sosial budaya yang direncanakan dan tidak direncanakan


Perubahan sosial budaya yang direncanakan adalah proses perubahan yang memang diadakan oleh pihak-pihak yang hendak mengadakan perubahan.
 
Perubahan sosial budaya yang tidak direncanakan adalah perubahan yang muncul di luar jangkauan pengawasan (kemunculannya tidak diinginkan). Contoh perubahan sosial yang tidak direncanakan adalah meningkatnya angka pengangguran dan kesenjangan sosial.
 
Demikianlah penjelasan mengenai pengertian perubahan sosial budaya, bentuk-bentuk perubahan sosial budaya serta contoh perubahan sosial budaya. Bagaimanapun juga, sebagai makhluk sosial kita pasti akan mengalami perubahan sosial selama kita masih berdinamika. Selain itu, kita juga wajib mencegah perubahan sosial jika perubahan sosial itu berdampak buruk. 
loading...

0 Response to "Pengertian Perubahan Sosial Budaya dan Bentuk-Bentuk Perubahan Sosial Budaya"

Post a Comment