Thursday, 17 September 2015

Pengertian Perdagangan Intenasional dan Faktor Pendorong dan Penghambat Perdagangan Internasional

loading...

pengertian perdagangan internasional dan faktor pendorong dan penghambat perdagangan internasiona
sumber gambar : bimbingan.org

Pengertian perdagangan internasional

Untuk mengetahui pengertian perdagangan internasional, maka terlebih dahulu kita harus mengetahui prngertian perdagangan dan pengertian internasional. Perdagangan adalah proses jual beli barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan pokok bersama. Sedangkan internasional adalah antarnegara, menyangkut bangsa-bangsa, menyangkut seluruh negara-negara di dunia. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa pengertian perdagangan internasional adalah kegiatan jual beli barang atau jasa yang dilakukan oleh dua atau lebih negara untuk memenuhi kebutuhan bersama.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat kita ketahui dua kegiatan dalam perdagangan internasional, yaitu kegiatan membeli barang/jasa ke luar negeri atau kegiatan menjual barang/jasa ke luar negeri. Kegiatan menjual barang ke luar negeri disebut dengan ekspor sedangkan kegiatan membeli barang dari luar negeri disebut impor. Pelaku ekspor disebut eksportir dan pelaku impor disebut importir.
 
Pada praktiknya, kegiatan perdagangan internasional sama dengan kegiatan perdagangan yang terjadi di dalam negeri suatu negara. Perbedaannya adalah pada cakupan wilayah dan alat pembayaran. Dalam perdagangan internasional, cakupan wilayah sampai melewati batas-batas tertentu suatu negara dan menggunakan alat pembayaran yang disepakati oleh negara-negara penerima.
 

Faktor pendorong perdagangan internasional


Berikut ini adalah faktor-faktor yang mendorong terjadinya perdagangan internasional:
 
a.    Perbedaan sumber daya alam
 
Kondisi permukaan bumi antara negara yang satu dengan negara lainnya diciptakan berbeda-beda oleh Tuhan Yang Maha Esa. Perbedaan inilah yang menyebabkan ada negara yang subur, ada yang gersang, ada yang mengandung banyak bahan tambang, ada yang bisa dihidupi oleh hewan-hewan atau tumbuhan tertentu, dan lain-lain. Bisa kita lihat, tumbuhan Kurma hanya tumbuh di tanah Arab sehingga negara Indonesia yang tidak bisa ditumbuhi kurma hanya bisa mengimpor kurma. Adanya perbedaan sumber daya alam mendorong negara yang satu dengan negara lainnya melakukan kegiatan perdagangan internasional utuk memenuhi kebutuhan hidup dan kelangsungan negaranya.
 
b.    Memenuhi kebutuhan nasional
 
Tidak semua negara dapat memenuhi kebutuhan dalam negerinya sendiri walaupun barang tersebut bisa diproduksi oleh negara itu. Contoh sederhananya adalah Indonesia. meskipun memiliki wilayah luas dan bisa menghasilkan beras, Indonesia tetap belum mampu memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri dan harus mengimpor beras dari negara yang wilayahnnya lebih kecil seperti Tahiland. Miris.
 
c.    Penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi
 
Negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mempu memproduksi barang dan jasa yang lebih banyak, berkualitas, dan lebih efisien dibandingkan negara yang lambat dalam perkembangan teknologinya. Hal ini dikarenakan pemanfaatan teknologi menghemat biaya produksi dan menghasilkan lebih banyak barang. Negara-negara yang mempunyai teknologi yang lebih maju cenderung melakukan spesialisasi dalam memproduksi barang, adapun barang yang tidak diproduksi sendiri akan dibeli dari negara lain. Contohnya adalah Jepang yang melakukan spesialisasi dalam produk industri sepeda motor dan mobil, serta berusaha mengekspornya ke Indonesia. sebaliknya, Jepang banyak membeli hasil tambang dan perkebunan dari Indonesia.
 
d.    Adanya kelebihan atau kekurangan hasil produksi
 
Adanya perbedaan sumber daya alam dan kemajuan teknologi antara negara yang satu dengan negara lainnya menyebabkan terjadinya surplus atau kelebihan produksi pada satu negara sedangkan negara lainnya mengalami defisit. Kelebihan hasil produksi tersebut menyebabkan negara yang bersangkutan akan menjual barang hasil produksinya ke negara lain, sedangkan negara yang kekurangan akan membelinya dari luar negeri melalui perdagangan internasiona.
 
e.    Adanya transportasi antarnegara
 
Kemajuan teknologi alat transportasi telah menciptakan alat transportasi yang bisa menjangkau semua negara. Keberadaan transportasi antarnegara ini akan membuat kegiatan perdagangann internasisonal semakin mudah dilakukan. Kegiatan ekspor impor dalam jumlah besar dapat dilakukan dalam waktu yang lebih singkat. Efisiensi biayapun dapat dilakukan. Kondisi inilah yang membuat keberadaan transportasi antar negara menjadi faktor pendorong perdagangan internasional.
 
f.    Adanya perbedaan selera
 
Setiap negara memiliki perbedayaan kebudayaan, pandangan hidup, sistem politik, dan tatanan sosial. Perbedaan-perbedaan tersebut menyebabkan terjadinya perbedaan selera terhadap berbagai jenis komoditas. Contohnya, walaupun Amerika Serikat memproduksi mobil Ford dan Chevrolet, Amerika tetap mengimpor mobil Honda dari Jepang. Hal ini karena warga Amerika lebih menyukai bentuk mobil Honda.
 
g.    Adanya hubungan diplomatik
 
Perdagangan antarbangsa tidak akan terjadi jika diantara negara-negara tidak memiliki hubungan diplomatik. Hubungan diplomatik adalah hubungan resmi antara satu negara dengan negara lainnya. dengan kata lain, perdagangan internasional tidak akan terjadi di antara negara-negara yang tidak  memiliki hubungan politik.
 

Faktor penghambat perdagangan internasional


Dalam perdagangan internasional, ada beberapa faktor yang menjadi penghambat terjadinya perdagangan internasional. Dalam mengatasi hambatan tersebut, berbagai kebijakan diambil oleh setiap negara. Akan tetapi, dalam penerapannya kebijakan perdagangan uyang dibuat oleh suatu negara kadang kala juga menjadi penghambat perdagangan atau merugikan negara lain. Adapun beberapa hambatan yang mungkin terjadi dalam perdagangan internasional adalah :
 
a.    Adanya peperangan
 
Sejak dahulu, perang dijadikan cara untuk menyelesaikan konflik kepentingan antarnegara. Perang dipilih jika diplomasi tidak menemukan jalan keluar. Apabila terjadi perang, maka sering kali akan menimbulkan masalah. Demikian juga perdagangan internasional akan terkena dampak buruk dari peperangan. Akibat peperangan, negara-negara yang berperang akan terganggu tingkat konsumsi, produksi, dan distribusinya. Contohnya adalah ketika Irak dilanda perang, perdagangan minyak dunia mengalami hambatan.
 
b.    Perbedaan tingkat upah
 
Jika tingkat upah suatu negara rendah, tetapi tetap mampu menghasilkan produktivitas yang tinggi, maka harga barang akan cenderung terjangkau masyarakat. Sebaliknya, meskipun upah cukup tinggi namun kemampuan menghasilkan barang atau jasa rendah, harganya cenderung akan mahal. Hal ini akan berakibat barang atau jasa yang dihasilkan tidak bisa bersaing di pasar internasional.
 
c.    Sempitnya kesempatan kerja
 
Apabila kesempatan kerja sempit, biasanya akan menimbulkan pengangguran dan berkurangnya produktivitas barang dan jasa. Kemampuan masyarakat untuk membeli barang/jasa dengan sendirinya akan menurun. Hal ini tentu saja mengakibatkan rendahnya kemampuan negara dalam melakukan perdagangan internasional.
 
d.    Adanya organisasi perdagangan internasional atau regional
 
Munculnya organisasi perdagangan internasional, baik regional maupun internasional menimbulkan keuntungan sekaligus hambatan. Negara-negara yang menjadi anggota suatu organisasi pada umumnya akan memperoleh keuntungan tertentu, tetapi di pihak lain negara-negara yang bukan anggota organisasi perdagangan internasional tersebut akan mengalami hambatan. Misalnya, adanya tarif pajak yang lebih tinggi pada produk tertentu untuk negara yang bukan anggota organisasi internasional tersebut.
>

loading...
Pengertian Perdagangan Intenasional dan Faktor Pendorong dan Penghambat Perdagangan Internasional Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush

0 komentar:

Post a Comment