Letak Astronomis, Geologis dan Geografis Indonesia

Letak Astronomis, Geologis dan Geografis Indonesia
sumber gambar : boyleonardo.wordpress.com

Pengertian Letak Astronomis dan Letak Astronomis Indonesia


Letak astronomis adalah letak suatu tempat, daerah, atau wilayah ditinjau dari ilmu perbintangan, berdasarkan garis bujur dan garis lintang. Berdasarkan hal itu, maka letak Indonesia secara astronomis adalah terletak antara 6°LU-11°LS dan 95°BT-141° BT.
 
Karena letak astronomisnya pada 6°LU-11°LS, maka mengakibatkan beberapa hal tertentu, diantaranya adalah Indonesia terletak di daerah lintang rendah atau di sekitar ekuator/khatulistiwa sehingga beriklim tropis yang memiliki sifat-sifat yaitu banyaknya peenyinaran sinar matahari atau suhunya panas, banyak curah hujan, serta amplitudo suhu yang kecil. Karena beriklim tropis dan banyak hujan, maka Indonesia memiliki banyak hutan sehingga banyak menghasilkan batu bara. 
 
Karena letak astronomis Indonesia ada pada 95°BT-141° BT, maka menyebabkan terjadinya perbedaan waktu antara bagian Indonesia Barat, tengah, dan timur.
 
Selisih waktu antara Indonesia paling barat dan paling timur adalah 3 jam. Sejak 1 Januari 1964 pembagian daerah waktu di Indonesia dibagi menjadi 3 bagian waktu dan tiap daerah memiliki selisih waktu satu jam. Pembagian waktu daerah Indonesia adalah sebagai berikut :
 
  1. Waktu Indonesia Bagian Barat (WIB), dengan standar meridian 150°BT, dengan waktu Grenwich Mean Time (GMT )  ditambah 7 jam meliputi Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah.
  2. Waktu Indonesia Bagian Tengah (WITA) dengan standar meridian 120°, dengan waktu Grenwich Mean Time  ditambah 8 jam meliputi Pulau Bali, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, NTT, NTB , dan Pulau Sulawesi.
  3. Waktu Indonesia Bagian Timur (WIT) dengan standar meridian 135°BT, dengan waktu Grenwich Mean Time (GMT) ditambah 9 jam meliputi Papua dan Maluku.

Pengertian Letak Geologis dan Letak Geologis Indonesia


Letak geologis adalah letak yang ditinjau dari sejauh terbentuknya bumi berdasarkan keadaan batuannya. Kepulauan Indonesia sudah terbentuk sejak jutaan tahun lalu, dna sampai sekrang mash mengalami perubahan bentuk akibat adanya tenaga eksogen ( tenaga dari luar bumi ) dan tenaga endogen ( tenaga dari dalam bumi ).
 
Secara geologis, Indonesia terbagi menjadi 3 daerah, yaitu :
  1. Daerah Sunda Shelf ( Dangkalan Sunda, Rata Sunda, Dataran Sunda, Paparan Sunda, Sunda Plat ) : yaitu dataran Indonesia bagian barat yang terdiri dari pulau-pulau seperti Pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali.
  2. Daerah Sahul Shelf ( Dangkalan Sahul, Rata Sahul, Dataran Sahul, Paparan Sahul, Sahul Plat ) : yaitu dataran Indonesia bagian timjur terdiri dari Kepulauan Maluku, Kai, Aru, Papua, dan pulau-pulau di sekitarnya.
  3. Daerah Wallacea ( Dasar lautan Wallacea ), merupakan daerah yang terletak di antara sunda shelf  dan sahul shelf yang menunjukkan tanda-tanda yang lebih tua dari daerah lainnya.
Secara geologis, sunda shelf termasuk benua Asia dan Sahul Shelf termasuk benua Australia

Pengertian Letak Geografis dan Letak Geografis Indonesia


Letak georgrafis adalah letak suatu daerah berdasarkan keadaan geografis atau letak bumi terhadap daerah sekitarnya. Letak geografis terbagi dua, yaitu :
 
a.    Letak kontinental
 
Letak kontinental adalah letak yang ditinjau dari segi benua. Indonesia terletak diantara benua Asia-Australia dan Amerika-Afrika.
 
Indonesia beriklim muson/musim, dan bertiup angin musim yang setiap setengah tahun berganti arah. Angin musim penting bagi tumbuhnya tanaman kultur ( perkebunan ), sehingga indonesia kaya akan tanaman perkebunan yang sangat dibutuhkan pasaran dunia.
 

b.    Letak oceanografis ( maritim )
 
Letak oceanografis adalah letak yang ditinjau dari segi samudera atau lautan. Indonesia terletak diantara samudera Pasifik dan Samudera Hindia, akibatnya Indonesia beriklim laut dan banyak curah hujan, di dasar laut banyak endapan mikroplankton sehingga terdapat tambang minyak bumi, pelayaran antar pulau sangat ramai.
 
Demikianlah penjelasan menganai letak astronomis, geografis, dan geologis Indonesia. semoga bermanfaat.

0 Response to "Letak Astronomis, Geologis dan Geografis Indonesia"

Post a Comment