Contoh Negara Maju di Asia : Jepang

loading...
<
Jepang, contoh negara maju di asia
sumber gambar : nomadictrip.com

Pada kesempatan ini akan diberikan contoh negara maju di Benua Asia, dan dalam kesempatan ini, negara yang dimaksud adalah Jepang.

Jepang merupakan sebuah negara kepulauan yang berbentuk kekaisaran. Jepang dikepalai oleh kaisar sebagai kepala negara dan perdana mentri sebagai kepala pemerintahan. Jepang memiliki nama internasional Japan, sedangkan orang Jepang sendiri menamai negerinya Nippon. Jepang dijuluki negara “matahari terbit” atau “negara sakura”. Jepang merupakan negara industri terkemuka dengan ibu kota Tokyo.
 

Letak dan batas negara Jepang


Luas wilayah Jepang adalah 377.837 km persegi. Karena merupakan negara kepulauan, Jepang terdiri dari empat pulau besar, yiatu Pulau Honshu yang merupakan pulau terbesar, Pulau Hokkaido, Pulau Shikoku dan Pulau Kyushu. Kota Tokyo terletah di Pulau Honshu. Secara astronomis, Jepang terletak pada 25°-46°LU dan 125°-146°BT.
 
Secara geografis, Jepang memiliki batas-batas sebagai berikut :
Sebelah utara berbatasan dengan Laut Okhstok dan Rusia
Sebelah selatan berbatasan dengan Samudera Pasifik, Laut Cina Timur, dan Laut Filipina
Sebelah barat dengan Korea Selatan, Korea Utara, dan Laut Timur ( East Sea )
Sebelah timur dengan Samudera Pasifik

Kondisi fisik negara Jepang


Secara keseluruhan, Jepang beriklim muson laut sedang. Karena letak astronomisnya, iklim di bagian selatan berbeda dengan di bagian utara. Hal ini mengakibatkan perbedaan caar hidup dan aktivitas ekonominya. Pada bulan Desember-Januari, di bagian selatan  mengalami musim dingin, sedangkan di bagian utara mengalami musim dingin dan turun hujan salju yang hebat. Pada bulan Juni-Juli terjadi musim panas yang dipengaruhi oleh bertiupnya angin muson tenggara. Akibatnya di bagian utara mengalami musim panas yang sejuk dan di bagian selatan mengalami musim panas yang sangat panas. Selain itu, Jepang sering dilanda angin taifun sejenis badai tropis yang merugikan.

Keadaan penduduk negara Jepang


Jepang merupakan salah satu negara dengan jumlah penduduk yang cukup banyak di dunia. Pada tahun 2013, jumlah penduduk Jepang adalah sebanyak 127,3 juta jiwa dengan  kepadatan penduduk 337,7 jiwa per kilometer persegi. Pertumbuhan penduduk Jepang pertahun sangat rendah yaitu terendah kedua di dunia sejak dilewati oleh Jerman pada tahun 2015. Itulah mengapa negara Jepang selalu berusaha meningkatkan angka kelahirannya. Usia harapan hidup di Jepang adalah yang tertinggi di dunia, mencapai 82 tahun.
 
Penduduk bangsa Jepang adalah suku Ainu yang tinggal di Pulau Hokkaido. Agama mayoritas yang dianut penduduk Jepang adalah Shinto dan Budha. Bahasa yang digunakan sehari-hari adalah bahasa Jepang. Dalam tulis menulis, digunakan penulisan khas Jepang, yaitu menggunakan huruf kanji. Katakana, dan Hiragana. 

Perekonomian di negara Jepang


Jepang merupakan salah satu negara dengan perekonomian terkuat dan termaju di Asia maupun dunia. Pendapatan perkapita Jepang adalah US$ 33.320,-. hal ini disebabkan karena pada masa Kekaisaran Meiji ( 1868-1912 ), Jepang melakukan suatu restorasi, yaitu usaha membuka diri terhadap modernisasi dan industrialisasi, yang disebut restorasi Meiji. Perekonomian Jepang bertumpu pada berbagai bidang berikut ini :
 
1.    Perikanan
 
Jepang merupakan negara penghasil dan pengekspor ikan terbesar di dunia dengan nilai rata-rata 7 ton ikan pertahun.
 
2.    Pertanian
 
Karena keterbatasan lahan, pertanian di Jepang dilaksanakan secara intensif dan mekanis dengan sistem hidroponik. Jadi, walaupun lahan pertanian sempit, hasilnya sangat memuaskan. Hasil-hasil pertanian Jepang diantaranya adalah padi, kentang, jagung, kacang-kacangan, teh hijau, dan tanamn obat-obatan.
 
3.    Perindustrian
 
Pada saat ini, Jepang merupakan negara industri terbesar kedua di dunia setelah Amerika Serikat. Kawasan-kawasan industri penting di Jepang beserta hasilnya adalah sebagai berikut.
  • Kawasan industri Keihin di Dataran Kwanto di sekitar Teluk Tokyo, yang merupakan kawasan industri terluas dan terpenting. Contohnya meliputi industri baja, mobil, galangan kapal, alat-alat listrik, alat elektronika, tekstil, kimia, kamera, kertas, percetakan, dan penyulingan minyak. Kota-kota industri ini berada di kawasan Tokyo, Yokohama, dan Kawasaki.
  • Kawasan industri Hanshin di dataran Kin Ki di sekitar Teluk Osaka. Kawasan industri ini meliputi kota Osaka, Kyoto, dan Kobe. Industri yang dikembangkan antara lain industri tekstil, kerajinan tangan, mainan anak-anak, kain sutera, mobil, galangan kapal, besi, baja, kimia, mesin, alat listrik, dan penyulingan minyak.
  • Kawasan industri Chukyo di daratan Nobi sekitar Teluk Ise. Kawasan industri ini meliputi kota Nagoya dan Hammatsu. Industri yang dikembangkan seperti industri pesawat terbang, elektronika, kereta api, dan alat-alat musik.
  • Kawasan industri Kitakyushu di utara Pulau Kyushu. Kawasan industri ini meliputi kota-kota penting seperti Kota Yawata yang menjadi pusat industri besi baja terbesar di Jepang dan kota Nagasaki       sebagai pusat industri galangan kapal.

0 Response to "Contoh Negara Maju di Asia : Jepang"

Post a Comment