Pengertian Kepribadian dan Faktor Pembentuk Kepribadian

Pengertian Kepribadian dan Faktor Pembentuk Kepribadian
sumber gambar : dilihatnya.com

Kepribadian dan sosialisasi adalah proses sosial yang saling berkaitan dan tidak dapat dipisahkan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui apa itu pengertian kepribadian dan pengertian sosialisasi untuk mengetahui bagaimana hubungan antara keduanya.

Kepribadian adalah organisasi dari faktor biologis, sosiologis, dan psikologis yang mendasari perilaku individu. Kepribadian individu meliputi kebiasaan sikap. Sifat yang khas yang berkembang pada seseorang yang berkembang apabila berhubungan dengan orang lain. Kepribadian merupakan organisasi dari faktor-faktor biologis, psikologis, dan sosiologis yang unsur-unsurnya adalah pengetahuan, perasaan, dan naluri.
 
Pengetahuan merupakan unsur kepribadian yang mengisi  akal pikiran seseorang yang sadar dan merupakan hasil dari pengalaman indranya atau reseptor organismanya. Dengan pengetahuan dan kemampuan akalnya, manusia menjadi mampu membentuk konsep-konsep, persepsi, ide, dan gagasan-gagasan.
 
Kepribadian juga terbentuk  dari unsur perasaan. Alam sadar manusia mengandung banyak perasaan yaitu keadaan dalam kesadaran manusia yang karena pengaruh pengetahuannya dinilainya sebagai positif atau negatif. Perasaan bersifat subjektif dalam diri manusia dan mampu menimbulkan kehendak-kehendak.
 
Kepribadian juga terbentuk oleh naluri yang merupakan perasaan dari dalam diri individu yang ditimbulkan bukan oleh pengaruh pengetahuannya, melainkan sudah terkandung dalam organismenya atau gennya.
 
Untuk mengetahui mengenai kepribadian lebih lanjut, maka kita wajib tahu apa saja faktor-faktor pembentuk kepribadian.
 
Berikut ini adalah faktor-faktor yang bertanggung jawab dalam pembentukan kepribadian:
 

1.    Faktor pembawaan atau warisan biologis atau keturunan
 
Warisan biologis merupakan faktor keturunan yang berpengaruh terhadap perilaku kompulsif, kemudahan dalam pergaulan, kemandirian diri, dorongan hati, sikap dan minat. Contoh kepribadian yang diwariskan adalah bakat, sifat, minat, dan IQ. Misalnya bentuk tubuh apakah endomorph/gemuk bulat, ectomorph/kurus tinggi, mesomorph/atletis. Berdasarkan beberapa penelitian, diketahui bahwa mesomorph lebih berpeluang melakukan tindakan-tindakan yang menyimpang dan melakukan kejahatan.
 

2.    Faktor lingkungan topografi
 
Lingkungan topografi menjadi salah satu faktor pembentuk kepribadian. Perbedaan to[ografi, iklim, dan sumber daya alam meneybabkan manusia harus menyesuaikan diri dengan lingkungan alam. Upaya menyesuaikan diri dengan lingkungan alam akan mempengaruhi pembentukan kepribadian seseorang. Misalnya adalah orang-orang yang hidup di lingkungan alam yang keras tentu saja memiliki kepribadian yang liar karena mereka harus berjuang melawan kerasnya lingkungan alam untuk mempertahankan hidupnya. Masyarakat yang tinggal di daerah pantai cenderung memiliki suara yang lebih lantang dibandingkan yang tinggal diperkotaan karena kebiasaan yang harus mereka jalan sebagai nelayan.
 

3.    Faktor kelompok atau lingkungan pergaulan
 
Keberadaan kelompok bermain yang menjadi tempat pergaulan seseorang akan membentuk kepribadian orang tersebut. Kelompok atau lingkungan pergaulan bisa membentuk kepribadian seseorang untuk menjadi lebih baik atau bahkan menjadi lebih buruk.
 

4.    Faktor kebudayaan khusus
 
Setiap daerah mempunyai kebudayaan khusus yang khas, misalnya saja msyarakat kota yang berbeda dengan masyarakat desa, atau suku A berbeda dengan suku B. Contoh faktor kebudayaan khusus adalah kebudayaan khusus kedaerahan atau etnis ( Jawa, Sunda, Batak, Minang, Makassar ), cara hidup yang berbeda antara masyarakat kota dan desa, kebudayaan khusus karena perbedaan agama, kelas sosial, pendidika, atau derajat sosial, pekerjaan, da lain-lain.
 

5.    Faktor pengalaman yang unik
 
Pengalaman yang unik menjadi salah satu faktor yang membentuk kepribadian seseorang. Contohnya adalah ketika kita merasakan sensasi jatuh cinta. Pengalaman yang unik yang dialami setiap orang akan membuat perbedaan dalam pembentukan kepribadian. Ada yang mudah berpindah ke lain hati, lambat move on, dan lain-lain.
 
Demikianlah penjelasan mengenai kepribadian dan faktor-faktor pembentukan keprbadian. Semoga bermanfaat. 

0 Response to "Pengertian Kepribadian dan Faktor Pembentuk Kepribadian"

Post a Comment