Pengertian dan Macam-Macam Lembaga Keuangan Bukan Bank serta Fungsi dan Manfaatnya

loading...
pengertian lembaga keuangan bukan bank

Pengertian umum dan khusus Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB )


Secara umum, Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB ) adalah lembaga keuangan yang dalam kegiatannya tidak dapat menghimpun dan menyalurkan dana masyarakat sebagaimana yang dilakukan oleh bank. LKBB hanya melakukan kegiatan di bidang jasa keuangan, misalnya jasa asuransi, dana pensiun, pasar modal, dan pembiayaan.

Secara khusus, Lembaga keuangan bukan bank adalah semua badan yang melakukan kegiatan di bidang keuangan yang langsung atau tidak langsung menghimpun dana, terutama dengan mengeluarkan kertas berharga dan menyalurkan kepada masyarakat terutama untuk membiayai investasi perusahaan.
 
Lembaga keuangan bukan bank tidak boleh menerima dana dari masyarakat dalam bentuk giro, tabungan, dan deposito berdasarkan kebijakan Pakto 27 Tahun 1998, LKBB dapat menerbitkan sertifikat deposito sebagai sumber dana dan dapat mendirikan kantor-kantor cabang di daerah.
 
Berdasarkan Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah No. 70 Tahun 1992, ditetapkan bahwa semua LKBB diharuskan menyesuaikan kegiatan usahanya menjadi bank umum dengan memenuhi semua ketentuan dan persyaratan untuk menjadi bank umum. Maka LKBB saat ini pada dasarnya meliputi semua lembaga keuangan yang kegiatan pokoknya memberikan jasa-jasa  keuangan dan menarik dana dari masyarakat secara tidak langsung.
 
Lembaga keuangan bukan bank mulai berkembang sejak tahun 1972 dan bertujuan untuk mendorong pengembangan pasar modal serta membantu permodalan perusahaan-perusahaan lemah. Untuk mencapai tujuan itu, pemerintah memberi ijin lembaga untuk:
  1. Menghimpun dana dari masyarakat dengan cara mengeluarkan surat berharga
  2. Memberikan kredit jangka menengah kepada perusahaan atau proyek yang dimiliki  pemerintah atau swasta
  3. Mengadakan penyertaan modal dalam perusahaan-perusahaan
  4. Bertindak sebagai perantara bagi perusahaan untuk mendapatkan sumber modal baik dari dalam maupun luar negeri
  5. Menjadi perantara dalam mendapatkan tenaga ahli

Macam-Macam Lembaga Keuangan Bukan Bank


Berikut ini adalah macam-macam lembaga keuangan bukan bank yang perlu kita ketahui:
 
a.    Koperasi simpan pinjam adalah lembaga keuangan bukan bank yang berbentuk koperasi yang usahanya di bidang perkreditan, yaitu menerima simpanan uang dan meminjamkan modal pada anggota. Koperasi simpan pinjam memiliki fungsi sebagai berikut:
•    Sebagai pendorong kegiatan menabung atau menyimpan uang di kalangan anggota
•    Sebagai pendorong yang melayani anggota yang membutuhkan pinjaman
•    Sebagai pembimbing anggota agar memanfaatkan uang pinjaman untuk kegiatan yang produktif.
 
b.    Perum Pegadaian adalah lembaga keuangan bukan bank dalam bentuk perusahaan milik pemerintah yang usahanya melayani kepentingan umum yang membutuhkan pinjaman uang dalam modal kecil dengan tanggungan ( jaminan ) berupa barang bergerak misalnya radio, TV, Sepeda, Sepeda motor, dann lain-lain. Nasabah wajib melunasi semua utang termasuk bunganya sebelum batas waktu pinjaman berakhir. Setelah lunas, barang yang dijadikan jaminan akan dikembalikan. Apabila sampai batas waktu yang telah ditentukan nasabah tidak membayar pinjaman dan bunganya, maka barang jaminan akan dilelang.
 
Fungsi pegadaian adalah sebagai lembaga pemberi kredit kepada rakyat dalam jumlah kecil dengan memperoleh imbalan berupa bunga dan peminjam harus mengembalikan barang sebagai jaminan.
 
c.    Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang memberi jaminan atau pertanggungan kepada nasabah yang mengalami kerugian sesuai surat perjanjian ( polis ), apabila terjadi suatu peristiwa yang mengakibatkan kerugian, misalnya kebakaran, kecelakaan, meninggal dunia, dan lain-lain. Uang pertanggungan yang dibayarkan nasabah dinamakan premi. Contoh perusahaan asuransi adalah Perusahaan Astek, P.T. Asuransi Jiwa Sraya, dan lain-lain.
 
d.    Dana pensiun diperoleh melalui pemotongan gaji pegawai setiap bulan selama seseorang masih aktif bekerja, dana tersebut akan dibayarkan kembali jika pegawai yang bersangkutan sudah pensiun. Dengan adanya lembaga yang mengelola dana pensiun tersebut, maka pegawai yang sudah tidak aktif lagi karena telah mencapai usia tertentu bisa memenuhi kebutuhan uang dari dana pensiun. Perusahaan yang mengelola dana pensiun adalah P.T. Taspen ( Tabungan Asuransi Pensiunan )
 

Peran dan fungsi lembaga keuangan bukan bank


Peran lembaga keuangan bukan bank atau LKBB sesuai dengan jenis usaha yang dilakukannya ialah ikut serta mengembangkan perekonomian berasaskan demokrasi ekonomi untuk menunjang pembangunan nasional melalui upaya penghimpunan dan penyediaan dana untuk pembiayaan investasi perusahaan, konsumsi masyarakat umum, maupun risiko pihak tertentu.
 
Fungsi utama lembaga keuangan bukan bank ( LKBB ) adalah sebagai peghimpun dan penyalur dana masyarakat. Pelaksanaan fungsi menghimpun dan menyalurkan dana tersebut tergantung pada jenis usaha pembiayaan yang dijalankannya.

 

Manfaat lembaga keuangan bukan bank


Keberadaan Lembaga Keuangan Bukan Bank ( LKBB ) tentunya telah memberikan manfaat bagi masyarakat. Manfaat-manfaat tersebut bisa dirasakan dari produk-produk yang ditawarkannya, sebagai berikut :
  1. Pegadaian memberikan manfaat bagi masyarakat yang memerlukan dana
  2. Perusahaan memberikan manfaat jaminannrisiko yang mungkin terjadi sesuai dengan jasa yang ditawarkan
  3. Lembaga dana pensiun memberikan kesejahteraan kepada karyawan perusahaan terutama yang telah pensiun
  4. Lembaga pembiayaan memberikan pinjaman kepada masyarakat dalam hal pendanaan kegiatan konsumsinya.
  5. Koperasi memberikan manfaat kepada para anggota dalam hal kebersamaan dan sisa hasil usaha.

loading...

0 Response to "Pengertian dan Macam-Macam Lembaga Keuangan Bukan Bank serta Fungsi dan Manfaatnya"

Post a Comment