Pengertian Dan Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang

pengertian negara maju dan negara berkembang
sumber gambar : softilmu.blogspot.com

Negara maju ( developed countries ) adalah negara yang memiliki tingkat pertumbuhan ekonomi yang cepat sehingga sudah berhasil dalam pembangunan mencapai kesejahteraan hidup yang merata bagi masyarakatnya. Negara-negara maju mengutamakan sektor industri dan jasa sebagai tiang perekonomiannya.
 
Negara berkembang atau developing countries adalah negara yang tingkat perkembangan ekonominya relatif lambat sehingga sedang giat-giatnya melaksanakan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakatnya. Umumnya negara-negara berkembang mendasarkan tiang perekonomiannya pada sektor pertanian.
 
Berikut ini adalah ciri-ciri negara berkembang dan ciri negara maju
 
Ciri-ciri negara berkembang adalah sebagai berikut :
  1. Sebagian besar penduduk negara berkembang bekerja pada sektor pertanian atau kegiatan industri lainnya yang berlatar belakang agraris.
  2. Pengolahan lahan pertanian di negara berkembang masih menggunakan alat-alat tradisional seperti  cangkul, kerbau untuk membajak sawah dan alat-alat tradisional lainnya.
  3. Negara berkembang memiliki tingkat kehidupan yang rendah dan sumber daya manusia yang rendah pula.
  4. Tingkat pendapatan per kapita rata-rata di negara berkembang masih sangat rendah.
  5. Laju pertumbuhan penduduk yang tinggi dan belum atau tidak diimbangi dengan fasilitas dan pelayanan sosial yang memadai masih merupakan hal yang umum di negara berkembang.
  6. Belum ada kesetaraan gender, dimana  status pria dianggap masih lebih tinggi dari pada wanita.
  7. Tidak memiliki pedidikan formal dan nonformal yang memadai sehingga angka buta aksara masih tinggi.
  8. Angka beban tanggungan usia produktif yang tinggi, karena jumlah penduduk berusia di bawah 15 tahun dan di atas 60 tahun masih tinggi
  9. Masih menemui adanya kemiskinan yang dapat mengakibatkan pengangguran , kriminalitas dan dampak sosial lainnya.
  10. Negara berkembang masih memiliki tingkat ketergantungan yang sangat tinggi pada negara-negara maju terutama dalam hal pendidikan, tenaga ahli, teknologi, dan investasi atau modal.
Ciri-ciri negara maju adalah sebagai berikut :
 
  1. Sebagian besar penduduk di negara maju bekerja pada sektor industri atau jasa yang sebagian besar hasilnya untuk diekspor ke luar negeri.
  2. Sektor pertanian adalah usaha sampingan bagi negara maju, tetapi pengolahannya sudah menggunakan alat-alat moderen.
  3. Negara maju memiliki sumber daya manusia yang tinggi dengan tingkat kehidupan yang baik sehingga mampu meguasai ilmu pengetahuan dan teknologi.
  4. Negara-negara maju memiliki tingkat pendapatan perkapita yang tinggi.
  5. Laju pertumbuhan penduduk di negara-negara maju rendah dan diimbangi dengan fasilitas dan pelayanan sosial yang memadai.
  6. Di negara maju , kesetaraan gender lebih terlihat dengan jelas.
  7. Tingkat pendidikan yang sangat tinggi di negara maju menyebabkan sulitnya menemukan orang yang buta huruf.
  8. Angka tanggungan usia produktif rendah.
  9. Tidak menemui adanya kemiskinan karena sebagian besar penduduk telah memiliki penghasilan yang dapat mencukupi kebutuhan hidupnya.
  10. Negara maju mampu mendominasi kehidupan sosial-ekonomi negara-negara berkembang, terutama dalam hal modal serta ilmu pengetahuan dan teknologi.
Demikianlah penjelasan mengenai negara berkembang dan negara maju. Semoga dengan ciri-ciri dari negara berkembang dan negara maju di atas, kita bisa mengetahui perbedaan antara negara maju dan negara berkembang.

0 Response to "Pengertian Dan Ciri Negara Maju dan Negara Berkembang"

Post a Comment