Contoh Negara Berkembang dan Persebaran Negara Berkembang Di Dunia

loading...

Negara-negara berkembang sebagian besar terletak di belahan bumi selatan meliputu Benua Afrika, Benua Asia, Benua Amerika, dan Pasifik Selatan ( Oceania ). Kurang lebih dua pertiga dari jumlah penduduk dunia hidup dan tinggal di negara-negara berkembang ini.
 
Hampir sebagian besar negara-negara di wilayah Pasifik Selatan merupakan negara-negara berkembang, kecuali Australia dan Selandia Baru. Negara-negara Pasifik Selatan, seperti Papua Nugini, Fiji, Kiribati, Nauru, Vanuatu, Tuvalu, Samoa Barat, Kepulauan Cook, Palau, Kepulauan Solomon, Kaledonia Baru, Marshall, dan Mikronesia.
 
Di Benua Asia, hampir semua negara yang ada merupakan negara berkembang. Negara-negara Asia Tengah pecahan Uni Soviet seperti Kazakstan, Uzbekistan, Turkmenistan, Tajikistan, Kirgistan, dan Afganistan adalah contoh negara berkembang. Di wilayah Asia Selatan contoh negara berkembang adalah Bangladesh, India, Pakistan, Nepal, Bhutan dan Sri Lanka. Umumnya negara-negara di Asia Tenggara tergolong negara erkembang seperti Indonesia, Myanmar, Filipina, Thailand,  Kamboja, Vietnam, Laos, dan Malaysia. Contoh negara berkembanng di wilayah Asia Bara antara lain Irak, Iran, Arab Saudi, Yaman, Oman, Lebanon, Syiria, dan lain-lain.
 
Di benua Amerika, negara-negara berkembang tersebar di wilayah Amerika Tengah, Kepulauan Karibia, dan Amerika Selatan. Di wilayah Amerika Tengah, Negara berkembang tersebar mulai dari Meksiko, Guatemala, Honduras, El Savador, Panama, Belize, dan Kosta Rika. Contoh negara berkembang di Kepulauan Karibia antara lain Kuba, Haiti, Jamaika, Republik Dominika, dan lain-lain. Sedangkan contoh negara berkembang di Amerika Selatan meliputi Bolivia, Ekuador, Brazil, Kolombia, Venezuela, Cile, Uruguay dan Paraguay.
 
Persebaran negara berkembang di negara-negara Afrika sangat banyak. Bahkan kebanyakan dari negara-negara di Afrika lebih tergolong negara miskin. Beberapa contoh negara berkembang di Afrika antara lain Kenya, Nigeria, Mesir, Sudan, Mali, Kongo, dan sebagainya.
 

Contoh negara-negara berkembang
 

India Sebagai Contoh Negara Berkembang di Benua Asia

contoh negara berkembang
sumber gambar : santabanta.com

 


India adalah salah satu negara berkembang yang terletak di benua Asia. India dikenal juga dengan sebutan anak benua karena terletak di selatan sebuah semenanjung yang sangat luas, berbentuk sgitiga, dan diapit oleh Laut Arab dan Teluk Benggala. India merupakan sebuah negara republik federal yang dikepalai oleh presiden sebagai kepala negara dan perdana mentri sebagai kepala pemerintahan.
 
Negara India memiliki luas 3.165.596 km persegi dan beribu kota di New Delhi. Secara astronomis, India terletak pada 8°-37°LU dan 68°-92° BT. Berdasarkan wilayahnya, India memiliki batas-batas sebagai berikut:
1.    Sebelah utara berbatasan dengan Cina, Nepal, Bhutan, dan Pegunungan Himalaya.
2.    Sebelah selatan berbatasan dengan Sri Lanka dan Samudra Hindia
3.    Sebelah barat berbatasan dengan Laut Arab dan Pakistan
4.    Sebelah timur berbatasan dengan Bangladesh, Myanmar, dan Teluk Benggala
 
Berdasarkan letak lintangnya, India beriklim tropis dan subtropis yang banyak dipengaruhi oleh angin muson. Akibatnya India mempunyai tiga tipe musim, yaitu musim panas yang berlangsung mulai bulan Maret-Mei, musim hujan berlangsung mulai bulan Juni-September, musim dingin berlangsung mulai bulan Oktober-Februari.
 
Berasarkan data dari Wikipedia pada tahun 2015, jumlah penduduk India adalah sebesar 1.274.590.000 jiwa. Jumlah ini menjadikan India sebagai negara berpenduduk terbesar kedua setelah Cina. Kepadatan penduduk mencapai 383,6 jiwa/Km² dengan pemusatan penduduk di daerah Mumbay, New Delhi, Calcuta, dan Chennai. 

Penduduk India kebanyakan berasal dari ras Indo-Aryan, Dravidian, dan Mongolian. Agama mayoritas di India adalah agama Hindu. Bahasa yang digunakan antara lain adalah bahasa Hindi, Telegu, Bengali, Tamil, dan Bahasa Inggris.

Masyarakat India mengenal adanya sistem kasta atau sistem tingkatan dalam masyarakat. Ada empat kasta, mulai dari yang tertinggi sampai yang terendah yaitu Brahmana, Ksatria, Waisa,dan Sudra. Antarkasta dilarang untuk terjadi pernikahan. Jika terjadi pernikahan, maka kasta penentu adalah kasta terendah. Sistim kasta inilah yang menyebabkan India sulit berkembang dan selalu terkungkung dalam kemiskinan.
 
Sebagai negara berkembang, perekonomian India banyak bertumpu pada sektor pertanian, pertambangan, peternakan, dan industri. Pada tahun 2015, pendapatan perkapita India sebesar USD$ 6.266 sehingga India dapat dikatakan sebagai negara berkembang. Kegiatan perekonomia India banyak dilakukan di bebrapa kota besar, yaitu New Delhi, Mumbai, Calcuta, Agra, Benares, dan Allahabat.
 
Dalam perekonomiannya, India banyak bertumpu pada sektor-sektor ekonomi berikut:
 
1.    Pertanian
 
Sebagian besar penduduk India, yaitu sekitar ± 70% tinggal di desa sebagai petani. Karenanya, India dapat dikatakan sebagai negara agraris. Tanaman pangan yang dihasilkan India meliputi pagi, gandum, dan sorgum. Tanaman perkebunan yang dibudidayakan meliputi yute, teh, kapas, tebu, tembakau, kopi, da kelapa.
 
2.    Peternakan
 
Peternakan juga dilakukan oleh sebagian besar penduduk India. Peternakan yang terpenting diantaranya seperti sapi biri-biri dan kambing. Masyarakat India menyucikan beberapa binatang seperti lembu, ular, sapi, dan kera.
 
3.    Pertambangan
 
Dalam sektor pertambangan, India merupakan negara penghasil mangan nomor tiga di dunia, selain itu India juga penghasil biji besi nomor tujuh di dunia dan penghasil batu bara nomor sembilan di dunia.
 
4.    Perindustrian
 
India juga telah mulai mengembangkan sektor industri. Industri yang terpenting seperti industri tekstil di Mumbai, Chennai, dan Calcuta. Industri kain goni juga dikembangkan di wilayah calcuta. Industri mobil dikembangkan di Mumbai dan Chennai. Sedangkan industri pesawat dikembangkan di daerah Kanpur serta industri baja dikembangkan di daerah Jamshedpur.


Meksiko sebagai Contoh Negara Berkembang di Benua Amerika


contoh-contoh negara berkembang
sumber gambar : nikaarifah313.blogspot.com
Negara Meksiko terletak di Benua Amerika Tengah dengan luas keseluruhan ± 1.964.382 Km². Negara Meksiko telah mencatat kemajuan yang cukup pesat dalam sektor perekonomian. Dengan semangat yang tinggi, negara ini mengusahakan agar industri dan perdagangan dapat menjadi mesin utama dalam pertumbuhan ekonominya. Negara Meksiko dijajah oleh Spanyol hampir 3 abad lamanya. Meksiko baru memperoleh kemerdekaannya pada  tanggal 27 September 1823 dengan Presiden pertamanya bernama Antonio Lopez De Santa Anna.
 
Dalam perjalanan sejarahnya, Meksiko sering dihadapakan pada revolusi dan pemberontakan yang disertai dengan pertumpahan daran dan tersendatnya pertumbuhan ekonomi.
 
Secara Astronomis, Meksiko terletak pada 14° LU - 33°LU dan 86°BT - 117° BB. Wilayah Meksiko sebelah uatara berbatasan dengan Amerika Serikat, sebelah timur berbatasan dengan Teluk Meksiko dan Laut Karibia, sebelah Barat berbatasan dengan Samudera Pasifik dan sebelah selatan berbatasan dengan Guatemala, Belize dan Samudera Pasifik.
 
Wilayah meksiko sebagian besar terdiri dari dataran tinggi yang berbukit-bukit di bagian tengahnya. Sepanjang pantai barat Meksiko terdiri dari Pegunungan Madre Barat ( Sierra Madre Occidental ) yang merupakan pegunungan vulkanis. Di wilayah Meksiko bagian timur terbentang Pegunungan Madre Timur ( Sierra Madre Oriental ) yang menghadap ke Teluk Meksiko. Pegunungan ini berupa pegunungan bukan vulkanis yang ke arah pantai membentuk dataran rendah yang subur.
 
Pada tahun 2013, jumlah penduduk Meksiko diperkirakan berjumlah  118.395.054 jiwa dengan pertumbuhan 2,2% setiap tahunnya. Angka ini menunjukkan bahwa Meksiko memiliki pertumbuhan penduduk yang cukup tinggi. Penduduk asli Meksiko terdiri dari suku bangsa Indian ( suku Aztec ). Sekarang ini, sebagian besar penduduk meksiko berasal dari keturunan sebagai berikut:
1.    Orang Mestik yang merupakan keturunan kulit putih dengan Indian
2.    Orang Muran yang merupakan keturunan kulit putih dengan negro
3.    Orang Zambo yang merupakan keturunan kulit hitam dengan Indian
4.    Orang Kreol yang merupakan keturunan Spanyol yang lahir di Meksiko
 
Pada tahun 2013, pendapatan perkapita Meksiko adalah sebesar USD$ 15.608 Walupun tanahnuya subur, karena areal pertanian yang ada di Meksiko sempit sehingga pertanian hanya dapat diusahakan di daerah dataran tinggi. Hasil pertanian yang dihasilkan diantaranya gandum, padi, cokelat, tebu, buah-buahan dan kapas yang diusahakan oleh perusahaan pertanian orang-orang kreol yang disebut hacienda.
 
Dari bidang  industri, hasil tekstil dan baja merupakan industri utama bagi Meksiko. Kedua industri ini banyak terdapat di Monteare dan Las Truchas di Pantai Pasifik. Dalam bidang pertambangan Meksiko terkenal sebagai negara penghasil perak terbesar di dunia. Hasil-hasil pertambangan yang lain diantaranya air raksa, timah, emas, tembaga, dan minyak bumi yang banyak terdapat di kawasan Teluk Meksiko. 
loading...

0 Response to "Contoh Negara Berkembang dan Persebaran Negara Berkembang Di Dunia"

Post a Comment